Senin, 10 Desember 2012

Legitnya Durian Pontianak







Durian adalah salah satu buah khas Kalimantan Barat. Di Kota Pontianak, durian banyak ditemukan di di pinggir-pinggir jalan. Pusat penjualan durian antara lain di Jalan Teuku Umar, Jalan Sungai Raya Dalam, Jalan. M. Yamin, dan masih banyak lainnya.

Para pedagang biasanya mengantung durian-durian yang mereka jual. Durian Pontianak mempunyai wangi menusuk namun khas. Konon karena durian-durian ini dari hutan dan matang di pohon. Untuk merasakan durian Pontianak tak perlu uang banyak. Cukup uang goceng alias Rp 5.000.

Anda harus tahu bagaimana memilih durian matang. Kalau salah pilih, bisa mendapatkan durian yang mentah atau rasanya tidak manis. Untuk urusan ini lebih baik percayakan pada ahlinya yakni sang pedagang. Meski penjual banyak berjejer, mereka punya pelanggan masing-masing.

Tak usah khawatir Anda akan mendapati durian yang terlampau matang. Bila durian belum laku dan sudah kematangan, maka akan segera diolah menjadi lempok alias dodol durian. Bisa juga dibuat tampoyak, campuran durian yang diolah dengan udang, lauk makan nasi ala Pontianak.

Durian Pontianak tak kenal musim. Ada sepanjang tahun karena setiap kabupaten menghasilkan duren hutan yang waktu panennya berbeda. Seperti Kabupaten Ketapang, Sanggau, Balai Karagan, dan Kabupaten Anjungan. Dan etalasenya ada di Jalan Teuku Umar Pontianak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar