Rabu, 04 Juli 2012

Pontianak - Surga Kuliner Kalimantan Barat





Kota Pontianak didukung keanekaragaman budaya penduduk yaitu Dayak, Melayu, dan Tionghoa. Selain budaya, kota yang dilewati oleh garis khatulistiwa ini juga dikenal sebagai wisata kuliner. Keanekaragaman makanan menjadikan Pontianak sebagai surga kuliner.

Beberapa kuliner ngetop di Pontianak adalah kwe tiaw atau mie tiaw, bubur ikan, bubur pedas, ikan pari bakar, chai kue kukus, sotong pangkong dan BBQ Party di Gardenia. Yang juga tidak boleh ketinggalan saat berada di Pontianak beberapa snack dan dessert seperti ice cream St. Petrus dan kopi tiam.

Ratusan warung kopi tradisional tersebar di Bumi Khatulistiwa. Namun, warung kopi di Jalan Merapi harus masuk daftar wajib kunjung. Membuka hari di warung kopi merapi menjadi ritual mesti bagi sebagian warga Pontianak. Bukan sekadar menyeruput kopi sekaligus bersilaturahmi ala kopi merapi.

Pemilik warung, A Xiang, sudah sepuluh tahun terakhir meracik kopi sambil bertelanjang dada. Gaya A Xiang meracik kopi memang asyik dilihat. Dalam sekejap, secangkir kopi susu racikan A Xiang siap dinikmati. Hebatnya, bulir-bulir keringat yang menetes saat A Xiang melayani pesanan tak membuat pelanggan kabur. Mungkin itu justru rahasia dibalik larisnya warung kopi ini.

Kuliner pamungkas yang paling pas di Pontianak apalagi kalau bukan Wisata Kuliner Durian Teuku Umar, Pontianak. Penjual durian berjejer di Jalan Teuku Umar. Di jalan ini, dari sore jelang malam, ribuan durian bergelayutan menggoda untuk disantap. Untuk merasakan durian Pontianak tak perlu uang banyak. Cukup goceng alias Rp 5.000.

Durian Pontianak mempunyai wangi menusuk namun khas. Konon karena durian-durian ini dari hutan dan matang di pohon. Durian Pontianak tidak kenal musim. Ada sepanjang tahun karena setiap kabupaten menghasilkan durian hutan yang waktu panennya berbeda-beda.

Setelah puas menikmati wisata kuliner di Pontianak, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Pontianak seperti berbagai macam oleh-oleh berbahan lidah buaya, dodol durian, kerupuk amplang, dan batik khas Kalimantan Barat

Untuk menikmati berbagai kuliner di Pontianak mungkin minimal memerlukan waktu 2-3 hari sekalian berkunjung ke beberapa objek wisata di Pontianak seperti Tugu Khatulistiwa, Sungai Kapuas, Alovera Center dan Rumah Betang Kalimantan. Tinggal di Gardenia Resort and Spa selama Anda di Pontianak akan melengkapi wisata kuliner Anda dengan konsep resort yang bernuansa alam dan tradisional khas Kalimantan, sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap seperti free shuttle airport pick up, tiket terusan ke Taman Bermain Taman Fantasia Kalbar, Free Wifi, dan Spa dengan berbagai treatment yang ditawarkan. Team di Gardenia siap menyambut Anda di bumi Khatulistiwa dan membantu Anda bersama teman ataupun keluarga untuk menikmati wisata kuliner dan tour keliling Pontianak.


Informasi / Reservasi:
Gardenia Resort and Spa Pontianak
Jalan Ahmad Yani 2 Pontianak (Samping Kantor Bupati Kubu Raya)
Tel.: 0561 6726446 / 7066446
Email: info@gardeniaresortandspa.com

Facebook: Gardenia Pontianak Kalbar II   Twitter: @gardeniaresort
Foursquare: Gardenia Resort and Spa (Official)

www.gardeniaresortandspa.com


2 komentar: