Selasa, 03 Juli 2012

Tugu Khatulistiwa - Ikon Pariwisata Kota Pontianak


Pulau Kalimantan adalah salah satu pulau yang dilewati oleh garis khatulistiwa dan kota yang dilalui garis khatulistiwa adalah kota Pontianak. Di kota Pontianak ini juga terdapat Tugu Khatulistitwa yang di bangun pada tahun 1928 dan menjadi salah satu Ikon Pariwisata di Pontianak
 
Tugu Khatulistiwa ini berada di jalan Khatulistiwa kecamatan Pontianak Utara. Letaknya berada di pinggir jalan raya sehingga bila pengunjung ingin berkunjung Tugu Khatulistiwa ini tidak sulit untuk mencari lokasinya. 

Saat yang tepat untuk mengunjungi Tugu Khatulistiwa adalah saat dimana terjadinya titik Kulminasi yaitu pada bulan Maret dan September. Peristiwa penting dan menakjubkan di Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik Kulminasi matahari, yaitu fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis Khatulistiwa. Pada saat itu matahari tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi. Pada peristiwa titik kulminasi tersebut, bayangan Tugu akan “menghilang” beberapa detik saat terkena sinar matahari, demikian juga dengan bayangan-bayangan benda-benda lain di sekitar tugu. Peristiwa Titik Kulminasi Matahari terjadi 2 (dua) kali dalam setahun yaitu antara tanggal 21 sd. 23 Maret dan 21 sd. 23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan Kota Pontianak yang menarik minat wisatawan untuk datang ke Pontianak

Untuk memasuki area atau ke Tugu Khatulistiwa ini tidak di pungut biaya alias gratis, sehingga para pengunjung yang datang ke Tugu Khatulistiwa bisa bersantai dan menikmati sepuasnya suasana di Tugu Khatulistiwa. 


Tips:
Rencanakan liburan Anda ke Pontianak dan jangan lupa kunjungi Tugu Khatulistiwa pada saat titik kulminasi di bulan Maret ataupun September. Menginap di Gardenia Resort and Spa Pontianak dan serahkan kepada kami rencana liburan Anda bersama keluarga untuk mengunjungi beberapa objek wisata di Pontianak.  



Informasi lebih lanjut:
Gardenia Resort and Spa Pontianak
Jalan Ahmad Yani 2 Pontianak (Samping Kantor Bupati Kubu Raya)
Tel.: 0561 6726446 / 7066446
Facebook: Gardenia Pontianak Kalbar II  Twitter: @gardeniaresort
Foursquare: Gardenia Resort and Spa (Official)
www.gardeniaresortandspa.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar